Cara Aman dan Mudah Membersihkan Sepatu Bahan Apapun

/
0 Comments
Sepatu merupakan barang yang menurut saya penting, banyak orang yang mengabaikan bahwa sepatu itu kurang penting. Pengetahuan perawatan sepatu itu sangat penting dimiliki setiap orang. 

Saya akan memberikan informasi untuk kalian semua pentingnya merawat sepatu agar tidak cepat rusak, banyak orang juga mengabaikan cara pembersihan sepatu, mereka menyamakan cara pembersihan sepatu dengan pakain... etss itu bisa merusak material sepatu lo boy.. 

Ada yang membersihkan sepatu dengan cara dimasukan ke mesin cuci (haha) itu tidak hanya merusak sepatu, tapi juga merusak mesin cuci kalian. Ada juga yang mencuci dengan memakai rinso dibagian uppernya, ada juga yang langsung merendam sepatu ke ember.. what?? maka dari itu saya disini membantu dan menambah informasi kalian bagaimana cara membersihkan sepatu yang baik dan tidak merusak sepatu kesayangan anda :) checkidot..

Pertama yang harus lakukan sebelum melakukan treatment pembersihan sepatu pastikan kalian tahu bahan sepatu yang kalian ingin bersihkan. Jika salah-salah langsung asal mencuci itu akan langsung merusak material sepatu. 

Bahan sepatu ada berbagai macam yaitu ada kanvas, suede, nubuck, dan kulit. Jika kalian sudah tahu bahan sepatu kalian yang ingin dibersihkan itu akan menjadikan kalian mudah untuk memberihkan sepatu.


Image result for superga canvas 
 Kanvas
Image result for vans suede 
Suede

Image result for nubuck boots 
Nubuck
Image result for kulit sepatu
 Kulit

Contoh diatas adalah macam bahan sepatu yang sebagai informasi dasar. Cara membersihkan sepatu intinya sama semua, yaitu bersihkan dulu bagian outsole (yaitu bagian paling bawah sepatu), Kenapa outsole dulu karena jika kalian bersihkan bagian atas dulu kemudian terakhir di bagian outsole nantinya kotoran di sole akan mengotori bagian atas yang sudah kalian bersihkan, jadi paling utama bersihkan outsole terlebih dahulu. bagian outsole dan midsole gosok pakai sikat, jangan lupa dengan rinso cair secukupnya ditambah dengan sedikit air.

Setelah selesei bagian bawah kemudian bersihkan bagian upper dan insole.. bagian ini jangan gunakan rinso cair tapi memakain cleaner khusus sepatu jika ingin sepatu anda tidak cepat rusak. Caranya dengan memakai sikat, teteskan sedikit cleaner dan campur sedikit air. lakukan terus dengan merata, tapi ingat jangan terlalu membasahi sepatu dan gunakan kain lap berbeda untuk bagian outsole dan upper-insole. Setelah dibersihkan lap dengan kain lap kering dan jangan langsung kena sinar matahari karena akan membuat sepatu kalian menjadi kaku, biarkan saja mengering sendiri atau bisa juga memakai pengering rambut. Pembersihan seperti itu untuk sepatu bahan kanvas, nubuck dan kulit. Jika sepatu bahan suede sedikit sama hanya saja untuk bahan suede pemakaian air jangan terlalu banyak dan cara menyikatnya sedikit ngambang. Segera keringkan dengan spon kering untuk sepatu suede agar bahan suede tidak rusak dan kaku. Sebelum mencuci sepatu suede bisa kalian sikat dulu dengan sikat kawat lembut atau sikat khusus suede agar debu bisa terangkat dari suede.

Sekian semoga ermanfaat pengetahuannya :)


You may also like

No comments:

Like us on Facebook

Trending Topic

My Love