Kemajuan UKM di Era Digital

/
0 Comments
Memanfaatkan Dunia Digital Untuk Memajukan UKM


Kemajuan era digital di Indonesia sangat gencar-gencarnya sekarang, dan tidak sedikit pengusaha yang memanfaatkan hal ini untuk kemajuan usaha mereka. Seperti sekarang orang-orang yang tidak bisa lepas dari smartphone mereka dan media sosial seperti instagram, youtube, path dan lainnya. Di era ini orang-orang tidak hanya menggunakan media sosial untuk memposting tulisan dan foto, tapi disini mereka bisa menghasilkan uang dari media sosial. Contoh orang-orang bisa menghasilkan uang melalui chanel youtube jika subscriber atau viewer anda banyak dilihat penonton atau bisa juga content video kalian yang menarik bisa juga mengundang banyak penonton. Kemudian ada lagi instagram, media sosial yang ini bisa juga menghasilkan uang jika kalian followers banyak kemudian di endorse banyak online shop. Hanya dengan foto barang dari online shop dan kalian bisa mendapatkan uang melalui itu, tapi dengan ketentuan-ketentuan berlaku. Jika kalian punya banyak pengikut di media sosial, ini juga menjadi keuntungan untuk kalian membuka usaha baru. Pasti postingan kalian tentang usaha baru banyak dilihat teman dan orang-orang pengikut kalian di media sosial, dan ini juga menguntungkan usaha yang baru dibuat. Maka dari itu pengusaha seperti pakaian, kecantikan, atau barang lainnya berani mengendorse artis walaupun dengan harga mahal tapi imbasnya juga akan lebih besar pendapatannya, so easy to get money ya.

Pemanfaatan digital tidak hanya digunakan oleh perusahaan besar tapi UKM sekarang sudah berpartisipasi dalam penggunaan digital. Walaupun masih banyak UKM di Indonesia masih menjual secara offline, tapi juga tidak sedikit mereka menjual secara online. Penggunaan era digital ini sangat berguna sekali karena dapat merubah cara pandang mereka yang kuno menjadi modern, penggunaan media sosial tidak hanya untuk menjual barang secara online, tapi mereka juga bisa mendapatkan informasi tentang perkembangan terkini seputar usaha mereka. Informasi yang cepat sangat dibutuhkan oleh UKM yang rata-rata sangat tertinggal untuk informasi yang up to date. Teknologi yang canggih membuat perubahan besar dan sangat membantu mempermudah segala urusan, sekarang semua sudah berbasis aplikasi dari pengolahan data hingga penjualan karena sangat mempermudah penjual itu sendiri. Jadi, era digital sekarang ini bertujuan UKM untuk bisa mempercepat implementasi ekonomi digital dan membangun inovasi yang kreatif sosial ke publik berbasis digital.

Sebenarnya hal-hal sederhana bisa dilakukan para pemain UKM sebelum beriklan di laman digital yang paling umum adalah media sosial. Memang tidak bisa dipungkiri media sosial sangat mudah digunakan oleh para UKM untuk masuk ke era digital. Tapi harus diingat tidak selamanya sebuah akun bisa dinikmati isinya jika terus berjualan. Mungkin bisa satu atau dua postingan diluar konten promosi produk mereka, misalkan tulisan motivasi atau tips merawat barang yang mereka jual. Promosi di media sosial memang baik, tapi media sosial sendiri sebenarnya belum bisa mengakomodir pembayaran dan menelusuri jejak sang pembeli jika tidak mencantumkan informasi di dalamnya.

Memasuki dunia e-commerce  yang artinya UKM harus siap naik level lebih tinggi, bukan hanya promosi tapi kecanggihan dunia digital sekarang ini. Pemilik UKM bisa mengetahui sebenarnya target pasar untuk mereka, cara penjualan dan termasuk juga mengontrol system pembayaran. Maka dari itu UKM harus memiliki sebuah website atau situs yang cukup komprehensif untuk mengakomodasi kebutuhan semuanya.

Di era digital ini UKM diharapkan bisa memanfaatkan peluang ini, selain itu ekonomi digital tidak hanya tentang memajukan bisnis, namun juga bahan baku utama model bisnis seperti pembuatan software atau membuat konten untuk bisnis yang mereka buat. Strategi online sangat penting misal menggunakan Google, banyak tools, menggunakan maps, dan bisa menggunakan Goggle my business. Bisa juga memakai  Google Adwords, Google AdSense atau iklan berbayar. Tapi jika memliki keterbatasan budget itu bisa dialihkan dengan membuka took di marketplace online. Marketplace tidak mengenakan iaya untuk membuat toko dan sisi menguntungkan dari berjualan di situ adalah pemilik UKM tidak perlu mengeluarkan biaya untuk kegiatan promosi. Biasanya jika produk dari sebuah toko dianggap bagus dan memiliki testimonial yang baik dari para pembeli maka produk tersebut otomatis akan dipromosikan sendiri oleh marketplace tempat UKM tadi membuka toko. Dukungan pemerintah sangat diperlukan untuk peningkatan akses broadband, membantu UKM menjadi bisnis digital, memperluas e-payment, memperluas akses terhadap investasi, dan memperluas layanan pemerintah secara  e-government.

Web Hosting Indonesia :   https://idcloudhost.com 


You may also like

No comments:

Like us on Facebook

Trending Topic

My Love