Kemajuan UKM di Era Digital
/
0 Comments
Memanfaatkan Dunia Digital Untuk Memajukan UKM
Kemajuan
era digital di Indonesia sangat gencar-gencarnya sekarang, dan tidak sedikit
pengusaha yang memanfaatkan hal ini untuk kemajuan usaha mereka. Seperti sekarang
orang-orang yang tidak bisa lepas dari smartphone
mereka dan media sosial seperti instagram, youtube, path dan lainnya. Di era
ini orang-orang tidak hanya menggunakan media sosial untuk memposting tulisan
dan foto, tapi disini mereka bisa menghasilkan uang dari media sosial. Contoh orang-orang
bisa menghasilkan uang melalui chanel youtube jika subscriber atau viewer
anda banyak dilihat penonton atau bisa juga content video kalian yang menarik
bisa juga mengundang banyak penonton. Kemudian ada lagi instagram, media sosial
yang ini bisa juga menghasilkan uang jika kalian followers banyak kemudian di endorse banyak online shop. Hanya dengan foto barang dari online shop dan kalian bisa mendapatkan uang melalui itu, tapi
dengan ketentuan-ketentuan berlaku. Jika kalian punya banyak pengikut di media
sosial, ini juga menjadi keuntungan untuk kalian membuka usaha baru. Pasti postingan
kalian tentang usaha baru banyak dilihat teman dan orang-orang pengikut kalian
di media sosial, dan ini juga menguntungkan usaha yang baru dibuat. Maka dari
itu pengusaha seperti pakaian, kecantikan, atau barang lainnya berani
mengendorse artis walaupun dengan harga mahal tapi imbasnya juga akan lebih
besar pendapatannya, so easy to get money
ya.
Pemanfaatan
digital tidak hanya digunakan oleh perusahaan besar tapi UKM sekarang sudah
berpartisipasi dalam penggunaan digital. Walaupun masih banyak UKM di Indonesia
masih menjual secara offline, tapi
juga tidak sedikit mereka menjual secara online.
Penggunaan era digital ini sangat berguna sekali karena dapat merubah cara
pandang mereka yang kuno menjadi modern, penggunaan media sosial tidak hanya
untuk menjual barang secara online,
tapi mereka juga bisa mendapatkan informasi tentang perkembangan terkini
seputar usaha mereka. Informasi yang cepat sangat dibutuhkan oleh UKM yang
rata-rata sangat tertinggal untuk informasi yang up to date. Teknologi yang canggih membuat perubahan besar dan
sangat membantu mempermudah segala urusan, sekarang semua sudah berbasis
aplikasi dari pengolahan data hingga
penjualan karena sangat mempermudah penjual itu sendiri. Jadi, era digital sekarang ini bertujuan UKM untuk bisa
mempercepat implementasi ekonomi digital dan membangun inovasi yang kreatif
sosial ke publik berbasis digital.
Sebenarnya hal-hal sederhana
bisa dilakukan para pemain UKM sebelum beriklan di laman digital yang paling
umum adalah media sosial. Memang tidak bisa dipungkiri media sosial sangat
mudah digunakan oleh para UKM untuk masuk ke era digital. Tapi harus diingat
tidak selamanya sebuah akun bisa dinikmati isinya jika terus berjualan. Mungkin
bisa satu atau dua postingan diluar konten promosi produk mereka, misalkan
tulisan motivasi atau tips merawat barang yang mereka jual. Promosi di media
sosial memang baik, tapi media sosial sendiri sebenarnya belum bisa
mengakomodir pembayaran dan menelusuri jejak sang pembeli jika tidak
mencantumkan informasi di dalamnya.
Memasuki dunia e-commerce yang artinya UKM harus siap naik level lebih
tinggi, bukan hanya promosi tapi kecanggihan dunia digital sekarang ini. Pemilik
UKM bisa mengetahui sebenarnya target pasar untuk mereka, cara penjualan dan
termasuk juga mengontrol system pembayaran. Maka dari itu UKM harus memiliki
sebuah website atau situs yang cukup
komprehensif untuk mengakomodasi kebutuhan semuanya.
Di era digital ini UKM diharapkan bisa
memanfaatkan peluang ini, selain itu ekonomi
digital tidak hanya tentang memajukan bisnis, namun juga bahan baku utama model
bisnis seperti pembuatan software
atau membuat konten untuk bisnis yang mereka buat. Strategi online sangat
penting misal menggunakan Google, banyak tools,
menggunakan maps, dan bisa
menggunakan Goggle my business. Bisa juga
memakai Google Adwords, Google AdSense atau iklan berbayar. Tapi jika memliki keterbatasan budget itu bisa dialihkan dengan membuka
took di marketplace online. Marketplace tidak
mengenakan iaya untuk membuat toko dan sisi menguntungkan dari berjualan di
situ adalah pemilik UKM tidak perlu mengeluarkan biaya untuk kegiatan promosi. Biasanya
jika produk dari sebuah toko dianggap bagus dan memiliki testimonial yang baik
dari para pembeli maka produk tersebut otomatis akan dipromosikan sendiri oleh marketplace tempat UKM tadi membuka toko.
Dukungan pemerintah sangat diperlukan untuk peningkatan akses broadband, membantu UKM menjadi bisnis
digital, memperluas e-payment, memperluas
akses terhadap investasi, dan memperluas layanan pemerintah secara e-government.